November 24, 2021

Peningkatan Kapasitas Penerima Manfaat PGOT Mardi Utomo

Pemberdayaan Masyarakat CSR Phapros di Taman Pelangi Panti Pelayanan Sosial PGOT (Pengemis Gelandangan dan Orang Terlantar) Mardi Utomo terus berlanjut dengan program dan kegiatan yang bertujuan untuk kemandirian dan meningkatkan ekonomi Penerima Manfaat. Salah satu program adalah “Kebun Indigofera” yang sudah ditanami dengan tanaman indigo jenis Strobilathes di area PGOT Mardi Utomo. Tanaman indigo merupakan tanaman yang menghasilkan pasta pewarna alami batik.  

Hari Rabu tanggal 24 November 2021 CSR Phapros bekerjasama dengan Zie Batik Semarang dan didampingi Pengurus dan staf PGOT Mardi Utomo mengadakan pelatihan perawatan tanaman Indigo di PGOT Mardi Utomo untuk meningkatkan pengetahuan dan kualitas para Penerima Manfaat. Pelatihan tersebut diikuti oleh penerima manfaat yang berjumlah 10 orang. Mereka sangat antusias dan semangat mengikuti pelatihan. Di awal pelatihan, Bapak Marheno dari Zie Batik menyampaikan bahwa tanaman jenis Indigofera Strobilathes adalah yang menghasilkan kualitas warna yang bagus.

Pada kesempatan pelatihan tersebut Zie Batik membawa benih bibit lainnya yaitu Indigofera Tingtoria dan memberikan pengetahuan tentang cara menyemaikan tanaman tersebut. Benih bibit yang dibawa akan disemaikan para penerima manfaat dan akan ditanam di antara jenis indigo yang sebelumnya.    

Harapannya program ini dapat terus berkelanjutan sampai pembuatan pasta dan memanfaatkan pasta untuk pembuatan batik.