March 18, 2022

Pelatihan Pembuatan Makanan Ringan untuk Kader Binaan Phapros

Program ini dilaksanakan di Ring 1 PT Phapros Tbk dengan sasaran di posyandu Pelita Sehat dan posyandu Mekarsari. Masalah yang sedang dihadapi kader posyandu saat ini adalah kekurangan dana untuk PMT (Pemberian Makanan Tambahan) bagi balita. Dalam mengatasi masalah tersebut, maka dilaksanakan program pembuatan makanan ringan untuk meningkatkan ekonomi dan juga penambahan dana dalam pemenuhan PMT balita. Makanan ringan yang dipilih dalam pelatihan ini adalah pembuatan pangsit dan steak bawang.

Pelatihan Pembuatan Makanan Ringan dilaksanakan pada tanggal 18 Maret 2022 di Balai RW III Kelurahan Bongsari Kecamatan Semarang Barat. Pelatihan tersebut diikuti oleh 7 kader posyandu Pelita Sehat dan 10 kader Mekarsari. Acara dimulai dengan doa bersama kemudian dilanjutkan sambutan dari PKBL Phapros, Ketua PKK Kelurahan Bongsari, Pokja IV Kelurahan Bongsari, dan Ketua RW III Kelurahan Bongsari. Para kader sangat antusias dalam mengikuti pelatihan tersebut. Pada kesempatan Pelatihan, PKBL Phapros menyerahkan 2 unit alat giling pembuatan makanan ringan kepada kader posyandu yang akan digunakan bersama dalam kelompok, untuk membuat makanan ringan. Resep disiapkan salah satu kader posyandu Pelita Sehat (Ibu Marta) yang juga menjadi  pemateri/pemandu pelaksanaan pelatihan.

Hasil makanan ringan diberikan kepada PKBL Phapros untuk melakukan review oleh karyawan di unit Sekretariat, Legal dan Umum. Dari hasil review ada beberapa masukan untuk membuat pangsit dengan varian rasa seperti ayam, abon dll. Secara rasa sudah cukup memuaskan dan untuk tekstur agar lebih renyah dan tidak keras. Masukan yang membangun akan menjadi evaluasi untuk peningkatan kualitas produk agar lebih baik dan layak dipasarkan