Desember 02, 2019

Menggapai Hari Tua yang Lebih Cerah (Laporan Pelatihan Pembekalan Persiapan Pensiun Phapros)

Pada tanggal 29 November - 1 Desember 2019, Departemen Human Capital Perencanaan dan Pengembangan (HCPP) kembali menggelar pelatihan persiapan masa pensiun bagi karyawan yang sudah memasuki Masa Persiapan Pensiun (MPP). Pelatihan ini merupakan agenda rutin tahunan yang tujuannya untuk mempersiapkan karyawan yang memasuki masa pensiun agar memiliki bekal selepas bekerja di Phapros nantinya. Bekal tersebut bukan hanya yang bersifat materi semata, tetapi juga bekal yang bersifat mental spiritual dan juga pengetahuan.

Pelatihan ini dilaksanakan selama 3 hari dan diikuti oleh 15 orang karyawan Phapros beserta pasangan masing-masing. Pelatihan ini sendiri dilaksanakan di lereng gunung Merapi, tepatnya di PT. Kepurun Pawana Indonesia yang berlokasi di Desa Kepurun, Klaten, Jawa Tengah. Hawa pegunungan sangat terasa begitu para peserta menginjakkan kaki di area pelatihan, karena memang lokasinya yang hanya berjarak beberapa kilometer dari gunung Merapi.

Pelatihan Pembekalan Persiapan Pensiun ini dibuka secara langsung oleh General Manager Human Capital (GM HC) Bapak Romi Taofik Sudrajat. Dalam sambutannya Romi menyampaikan pentingnya pelatihan ini untuk para peserta sebagai bekal untuk menggapai hari tua yang lebih cerah. Romi menambahkan agar peserta mengikuti pelatihan ini dengan santai dan dapat melupakan sejenak pekerjaan dan rutinitas yang biasa dilakukan di pabrik, tujuannya agar materi pelatihan ini dapat dipahami secara maksimal.

Seluruh peserta sangat antusias mengkuti setiap materi yang dibawakan oleh trainer yang memang sudah berpengalaman di bidangnya masing-masing. Mulai dari materi kewirausahaan dan pengelolaan keuangan, Persiapan mental, spiritual dan sosial, sampai dengan materi-materi teknis yang nantinya dapat diimplementasikan di rumah masing-masing. Materi-materi teknis tersebut terdiri dari cara usaha ayam dan bebek kremes, usaha bisnis retail, usaha laundry, teknik pemasaran produk, urban farming, usaha pengolahan daging (bakso & nugget), dan juga usaha bakery. Tak ketinggalan pula pemaparan dari CSR/PKBL Phapros terkait dengan peminjaman kredit usaha yang dapat dimanfaatkan seluruh peserta untuk tambahan modal usaha mereka nantinya.

Pada hari terakhir, acara ditutup secara langsung oleh Direktur Keuangan Phapros, Bapak Heru Marsono. Dalam penutupan tersebut, Heru berpesan kepada seluruh peserta agar tidak terlalu khawatir dalam menghadapi masa pensiun, karena sudah dibekali ilmu dalam pelatihan yang istimewa ini. Bekal ilmu ini sangat penting dan dapat dipraktekkan mulai dari sekarang ataupun nanti setelah karyawan pensiun. Setelah acara pelatihan ini berakhir, seluruh peserta menuju Salatiga untuk mengunjungi salah satu usaha mitra binaan dari CSR/PKBL Phapros yang bergerak di bidang usaha pakaian. Dalam kunjungan ini, peserta dapat berinteraksi secara langsung dengan pemilik usaha. Para peserta sangat antusias dan memberikan berbagi pertanyaan tentang bagaimana memulai dan juga mengelola usaha agar dapat berjalan dengan baik dan sukses.