Juli 03, 2020

UMKM Binaan Phapros Melek Ekspor-Impor

Dalam era perdagangan global sekarang ini arus barang masuk dan keluar sangatlah cepat. Untuk memperlancar urusan bisnisnya, para pengusaha dituntut untuk memiliki pengetahuan yang cukup mengenai prosedur ekspor, baik dari segi peraturan yang selalu diperbarui terutama yang berhubungan dengan perdagangan internasional dan kepabeanan.

Produk-produk yang berbahan asli Indonesia dan mempunyai keunggulan tersendiri (absolute advantage) atau produk lain yang memiliki keunggulan komparatif (comparative advantage) memiliki peluang untuk pasar ekspor. Pelatihan ini khusus diberikan kepada para mitra binaan untuk memberikan keterampilan pemahaman yang mendalam mengenai prosedur ekspor.

Acara pelatihan ini dilaksanakan secara daring pada Jumat, 3 Juli 2020 dan difasilitasi melalui aplikasi Zoom Meeting. Pelatihan materi dan tanya jawab disampaikan oleh Ibu Ayu Dwi Utami (Departemen Pengadaan Ekspor Impor PT. Phapros, Tbk) dengan durasi 2 jam.

Dalam materinya, Ibu Ayu menyampaikan perkembangan perdagangan ekspor serta pentingnya ekspor bagi pelaku usaha dan negara. Bagi pelaku usaha akan memperoleh keuntungan dalam hal mempeluas pasar, menambah laba, ketahanan terhadap fluktuasi kurs, dan lain-lain.

Pelatihan ini merupakan bentuk pendampingan Phapros untuk mendukung terciptanya semangat bagi para mitra binaan untuk dapat mengembangkan dan memajukan usaha yang mereka tekuni. Output yang diharapkan tentunya bisa menjadikan para mitra yang menggeluti bisnis dalam lingkup Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) dapat terus berinovasi dan berbicara banyak dalam perkembangan pemasaran produk melalui ekspor ke negara lain.