March 17, 2021

Pelatihan Penanaman Tanaman Indigo untuk Penerima Manfaat PGOT Mardi Utomo

Dalam rangka pelaksanaan Program Bina Lingkungan, PT Phapros Tbk bekerjasama dengan PGOT Mardi Utomo dan Zie Batik dilakukan Pelatihan Penanaman Tanaman Indigo. Pelatihan tersebut dilakukan pada hari Rabu tanggal 17 Maret 2021 di galeri Zie Batik Semarang. Tanaman indigo digunakan sebagai pewarna alami untuk pembuatan batik.
Pada kesempatan ini Bapak Marheno dari Zie Batik Semarang didampingi Bapak Samsul selaku petani indigo menjadi pemateri. Materi yang diberikan mulai dari pengenalan tanaman warna alam, cara pembibitan, cara menanam, cara memanen hingga proses pembuatan ekstrak warna indigo. Pelatihan diikuti oleh Enam orang Penerima manfaat, Lima orang pendamping/pengurus dari PGOT Mardi Utomo dan Tiga orang dari CSR Phapros.  

Setelah pelatihan ini akan dilakukan penanaman 1000 bibit indigo dengan memanfaatkan lahan kosong di PGOT Mardi Utomo pada Minggu IV bulan Maret 2021. Hasil tanaman indigo akan diolah menjadi pasta pewarna alami batik yang mempunyai nilai ekonomi untuk para penerima manfaat.
Semoga ilmu yang diperoleh dapat bermanfaat dan dapat diterapkan dengan baik untuk pemberdayaan masyarakat dalam hal ini penerima manfaat PGOT Mardi Utomo secara berkelanjutan.