Maret 25, 2019

Yuk Nabung Saham “PEHA” (PT Phapros Tbk) EN

Untuk berinvestasi atau membeli saham PT Phapros Tbk atau dikenal dengan tick name “PEHA” saat ini hanya bisa dilakukan melalui Bursa Efek Indonesia (BEI). Dikarenakan PEHA telah listing di BEI pada tanggal 26 Desember 2018 lalu.
Banyak pertanyaan dari calon investor tentang bagaimana cara untuk bisa membeli atau mendapatkan saham PEHA. Dibawah ini kami akan menjelaskan tahapan atau langkah agar calon investor dapat membeli saham PEHA.

I. Membuka Rekening Saham
Rekening saham/efek merupakan pintu masuk ke pasar modal untuk melakukan jual-beli saham.

Rekening saham disediakan oleh perusahaan sekuritas yang telah mendapatkan izin dari OJK atas kegiatannya.

Setelah nasabah disetujui pengajuan rekening sahamnya, perusahaan sekuritas akan memberikan akses aplikasi trading kepada nasabah tersebut. Aplikasi trading inilah yang digunakan untuk bertransaksi saham. Apa saja langkah yang harus dilakukan dalam pembukaan rekening saham:

a) Bertemu Perusahaan Sekuritas 
Setelah Anda menentukan pilihan perusahaan sekuritas/ broker, dimana saat ini sudah ada lebih dari 100 perusahaan sekuritas yang terdaftar di OJK dan BEI, anda dapat melanjutkan dengan pembukaan rekening saham secara online ataupun offline. 
Untuk online, Anda dapat mengunduh formulir yang disediakan oleh perusahaan sekuritas di website-nya, kemudian mengisi dan mengirimkannya. Sedangkan bila secara offline, maka form akan tersedia secara fisik di cabang-cabang perusahaan sekuritas dan diisi secara manual.

b) Mengisi Formulir dan Melampirkan Persyaratan
Setelah Anda bertemu dengan sekuritas, Anda dapat mengisi formulir pembukaan rekening, termasuk rekening saham dan rekening dana investor (RDI). Pengisian formulir mirip seperti saat membuka rekening di bank. Disarankan untuk mengisi dengan benar setiap kolom pada formulir pembukaan account. Jangan lupa juga untuk melampirkan persyaratan pembukaan rekening .
beberapa syarat yang perlu anda siapkan untuk dapat membuka rekening saham, antara lain:

1. ID Card: KTP/KITAS/Passport, ID Card adalah syarat wajib bagi Anda yang ingin membuka rekening saham. Untuk WNI, maka syarat wajib yang diperlukan adalah KTP, tidak bisa digantikan dengan SIM atau Passport. Sementara bagi WNA, maka syarat KITAS/Passport menjadi syarat wajib juga.

2. NPWP juga menjadi syarat wajib saat pembukaan rekening efek. Bila Anda belum mempunyai NPWP, Anda dapat meminta surat pada sekuritas tempat Anda mendaftar rekening untuk membuat pernyataan tidak memiliki NPWP, yang ditandatangani di atas me

3. Cover Buku Tabungan juga termasuk salah satu syaratnya. Dengan adanya cover buku tabungan, memudahkan pihak sekuritas memeriksa rekening bank nasabah. Bila nantinya nasabah ingin menarik uangnya dari rekening saham, rekening inilah yang jadi bank penampungan tiap kali melakukan penarikan dana. Anda pun dapat mengintegrasikan rekening bank Anda menjadi RDI dengan berkonsultasi pada broker

4. Materai Rp6.000, Anda dapat sediakan uang untuk membeli meterai. Meterai yang dibutuhkan antara 2-8 meterai, bergantung pada kebutuhan Anda.

C) Memilih dan Membuka RDI
Selain itu formulir pembukaan rekening saham ini pun umumnya terdiri menjadi dua bagian, yaitu pembukaan rekening saham dan pembukaan rekening dana investor (RDI).

• Pembukaan Rekening Saham ini untuk membuka rekening di perusahaan sekuritas, dan juga untuk data yang disampaikan pada Kustodian Sentral Efek Indonesia (KSEI). Ini adalah rekening penyimpanan saham yang Anda miliki.

• Sementara Rekening Dana Investor (RDI) adalah rekening dari dana Anda, yang ditempatkan pada bank, terpisah dari rekening perusahaan efek. Manfaat RDI ini adalah agar Anda mempunyai rekening bank sendiri untuk seluruh penyelesaian transaksi saham Anda. RDI ini sendiri memang bertujuan untuk menyimpan dana nasabah yang tidak dibelikan saham.

Anda dapat memilih Bank untuk penampungan dana Anda (bank untuk RDI). Sangat disarankan Anda memilih RDI dari bank yang sama dengan rekening pribadi Anda, agar Anda bisa menghemat biaya administrasi seperti Kliring dan RTGS bila ingin menyetor ke RDI, maupun menarik uang dari RDI.

d) Menunggu Pembukaan Rekening Selesai
Langkah berikutnya yang dapat Anda lakukan adalah menunggu proses pembukaan rekening. Lamanya pembukaan rekening ini bervariasi bergantung pada RDI yang Anda pilih, namun pada umumnya memakan waktu kurang lebih seminggu. Setelah proses pembukaan rekeningnya selesai, nantinya Anda akan dikonfirmasi dengan nomor RDI yang Anda buka.

e) Menyetor Deposit Awal
Berapa biasanya setoran awal pembukaan rekening saham? Jawabannya bervariasi bergantung pada sekuritas yang Anda gunakan. Rata-rata sekuritas mematok deposit awal sebesar Rp 1 juta hingga Rp10 juta. Beberapa sekuritas asing malahan memberi syarat setoran minimal hingga Rp50 juta. Namun ada juga beberapa sekuritas yang memperbolehkan setoran minimal sebesar Rp 250 ribu, atau bahkan Rp100 ribu saja.
Setelah Rekening Dana Investor (RDI) sudah jadi, Anda dapat menyetorkan jumlah modal yang Anda inginkan untuk diinvestasikan di saham. Dengan melakukan deposit awal juga untuk mengaktifkan rekening yang Anda buka. Anda dapat menyetor secara tunai atau transfer dari rekening pribadi ke RDI. Setelah menyetorkan deposit awal, Anda tinggal menunggu dikirimkan ID, Password dan PIN untuk dapat login ke akun saham online Anda.

e) Download Aplikasi Trading dan Mulai Bertransaksi Saham
Setelah Anda menerima ID, Password dan PIN melalui email dari perusahaan sekuritas, maka Anda sudah dapat memulai berinvestasi saham. Anda dapat mengunduh Aplikasi Trading yang disediakan oleh broker setelah Anda mendapatkan ID, Password dan PIN. Aplikasi trading ini dapat diunduh dari website sekuritas atau Anda dapat meminta secara langsung pada sekuritas Anda.

II. Bertransaksi dan memilih Saham PT Phapros, Tbk dengan Kode “PEHA”

Setelah Anda memiliki rekening saham dan menyetor modal, berarti Anda sudah dapat bertransaksi saham.

Melalui aplikasi yang anda miliki, anda bisa melakukan pencarian atas saham PT Phapros Tbk melalui kode pencarian nama perusahaan secara lengkap, atau dengan memasukkan kode saham kami yaitu PEHA. Setelah itu akan muncul nilai dan volume dari Bid dan Offer/ Ask saham PEHA di aplikasi anda.

Harga Bid adalah harga antrian permintaan yang dipesan oleh yang ingin membeli, dan Bid Vol berarti jumlah lot yang dipesan oleh pembeli dalam harga bid. Sementara Harga Offer adalah harga antrian penawaran yang dipesan oleh yang ingin menjual, dan Offer Vol berarti jumlah lot yang dipesan oleh penjual dalam harga offer.

Anda diberikan hak untuk memasukkan nilai bid sesuai dengan keinginan anda, untuk mempercepat perolehan saham PEHA, maka anda dapat memasukkan nilai bid sesuai dengan nilai Offer yang ada dari penjual. Termasuk volume bid agar disesuaikan dengan vol offer yang tersedia.
Setelah Anda memilih saham nya, maka langkah selanjutnya adalah mengkonfirmasi pembelian saham tersebut.

Yang perlu anda tahu saham-saham di pasar reguler hanya bisa diperdagangkan dalam satuan perdagangan “lot”, dimana 1 lot setara dengan 100 lembar.  Bursa Efek Indonesia sebagai pasar tempat diperdagangkannya lembar saham memiliki waktunya sendiri untuk anggota-anggotanya mentransaksikan saham. Seperti jam kerja pada umumnya, Bursa saham hanya buka dari hari Senin-Jumat. Dan tidak termasuk hari libur dan hari raya. Jam perdagangan saham pun di bursa juga terbatas. Saham hanya dapat diperdagangkan pada pukul 09:00 WIB hingga pukul 16:00 WIB.

III. Mari Mulai Berinvestasi Saham “PEHA”

Setelah mengetahui seluk beluk cara membuka rekening saham hingga cara membeli saham beserta mekanismenya, kini Anda bisa mulai memilih Sekuritas dan terjun untuk berinvestasi saham PT Phapros Tbk (PEHA). 
Yuk Nabung Saham PEHA.