February 24, 2021

REALISASI PROGRAM CSR TAHUN 2020 CAPAI LEBIH DARI RP 4 MILIAR en

REALISASI PROGRAM CSR TAHUN 2020 CAPAI LEBIH DARI RP 4 MILIAR

Mengacu pada konsep good corporate citizen yang dikembangkan, Phapros menyadari bahwa untuk mampu bertahan dan bertumbuh selama ini tidak terlepas dari peran serta masyarakat umum. Maka dari itu, sebagai bentuk komitmen Phapros terhadap perkembangan sosial kemasyarakatan yang diwujudkan dalam berbagai kegiatan CSR atau PKBL.

Program CSR terbagi menjadi 2, yaitu Program Kemitraan dan Bina Lingkungan. Program kemitraan merupakan program yang menyalurkan pendanaan kredit atau permodalan kepada UMKM atau Koperasi. Sedangkan program Bina Lingkungan merupakan program yang dituju langsung ke masyarakat seperti bantuan bencana alam, bantuan Pendidikan, peningkatan Kesehatan, hingga bantuan pelestarian alam.

Sepanjang tahun 2020 untuk kegiatan CSR mengeluarkan total dana lebih dari 4 Miliar dengan rincian, biaya sebesar Rp 3.147.932.815,- untuk Program kemitraan seperti UMKM dan Koperasi; kemudian untuk Program Bina Lingkungan sebesar Rp. 613.383.485,- ; serta untuk program penanggulangan Covid-19 sebesar Rp 375.480.000,-.

Adapun realisasi program kemitraan dan bina lingkungan tersebut juga konsisten diiringi dengan pendampingan, monitoring dan evaluasi sehingga dapat berjalan dengan baik. Pada program kemitraan misalnya, Phapros tak hanya sekedar menyalurkan pinjaman lunak kepada pengusaha UMKM, tapi juga kerap memberikan mereka pelatihan kewirausahaan serta mengikutsertakan ke berbagai ajang pameran agar semakin berkembang.

Di sisi lain pada sektor bina lingkungan, kita bisa mengambil contoh integrasi posyandu dan bank sampah yang terdapat di Dusun Bogosari dan Dusun Bangunsari, Kelurahan Pringsari, Kecamatan Pringapus, Kabupaten Semarang di mana sebelum kedua dusun tersebut dibina, lingkungannya tidakterawat dan bahkan ditemukan beberapa kasus balita dengan gizi baruk. Namun, setelah dibina oleh Phapros kondisinya menjadi jauh lebih baik dan tidak ditemukan lagi balita dengan gizi buruk.

Semoga dengan tersalurkannya anggaran CSR ini, PT Phapros Tbk dapat semakin bermanfaat bagi masyarakat sekitar dalam menjadi perusahaan Farmasi yang berkelanjutan.