MEMPERKAYA SPECIES DI MAROON MANGROVE EDU PARK




Tanggal 16 November 2018 telah dilaksanakan kegiatan penyulaman mangrove di Maroon Mangrove Edu Park (Maroon MEP). Kegiatan yang dilaksanakan oleh Yayasan IKAMaT dan Kelompok METAL serta dihadiri oleh PT. Phapros Tbk dan Lanumad Ahmad Yani Semarang ini, merupakan salah satu rangkaian kegiatan dari program pengkayaan spesies mangrove jenis Bruguiera s.p dan Ceriops sp. 

Program pengkayaan spesies ini merupakan upaya untuk menambah jenis spesies mangrove di Maroon MEP yang sejauh ini masih didominasi oleh Rhizophora sp. Penanaman telah dilakukan sejak bulan Mei 2018 sebanyak 2000 bibit Bruguiera sp dan 1000 propagul Ceriops sp.

Dasar pemilihan jenis Bruguiera sp, salah satunya adalah karena buahnya dapat dimanfaatkan untuk dijadikan olahan makanan. Sehingga, pemanfaatannya tidak hanya secara ekologis, tetapi juga secara ekonomis.

Acara diawali dengan pembukaan dan sambutan oleh Ketua Program Pengembangan Maroon MEP Jilid 2 oleh Sdr. Cahyadi, kemudian dilanjutkan dengan Ketua Kelompok METAL Bapak Rusmadi, dan yang terakhir oleh Ibu Diah Istantri perwakilan CSR PT. Phapros Tbk.

Kemudian, dilanjutkan dengan penyerahan secara simbolis hasil penananam dari Yayasan IKAMaT ke PT. Phapros Tbk. Penyerahan secara simbolis ini menandakan bahwa hasil program penanaman pengkayaan spesies mangrove yang telah dimulai sejak bulan Mei 2018, secara resmi telah diserahkan kepada PT. Phapros.

Usai penyerahan simbolis, dilanjutkan dengan penyulaman mangrove sebanyak 45 bibit Bruguiera sp. dan 75 bibit Ceriops sp. yang dilaksanakan dilokasi penanaman mangrove. Penyulaman ini dilakukan untuk mengganti bibit yang telah mati dengan yang baru, dengan penggantian bibit mangrove yang baru ini, nantinya akan tumbuh dengan optimal.

Dengan pengkayaan spesies diharapkan menambah varietas jenis mangrove, dan kedepannya Maroon MEP akan menjadi arboretum mangrove di Semarang.