MEKANISME PELAPORAN DAN PENANGANAN PELANGGARAN


Pedoman dan prosedur Whistleblowing System Perseroan adalah merupakan pedoman bagi Insan Perseroan serta para pemangku kepentingan dalam pengelolaan penanganan pengaduan terhadap hal-hal yang terkait dengan pelanggaran dan atau penyimpangan kode etik, hukum, standar prosedur, kebijakan manajemen serta aturan lainnya yang dipandang perlu, di mana dapat merugikan dan/atau membahayakan Perseroan seperti kerugian finansial, lingkungan, kondisi kerja, reputasi organisasi, pemangku kepentingan dan lainnya.

Kebijakan dan Ruang Lingkup Whisteblowing

Perseroan senantiasa memperhatikan kepentingan stakeholder berdasarkan asas kewajaran dan kesetaraan.

Perseroan juga menyadari bahwa tidak adanya mekanisme standar dalam penanganan Pelaporan Pelanggaran oleh pemanngku kepentingan dapat berakibat menurunkan reputasi dan kepercayaan masyarakat pada Perseroan. Ketentuanketentuan dalam Pedoman dan Prosedur Pelaporan Pelanggaran merupakan salah satu bentuk peningkatan perlindungan terhadap stakeholder dan perlindungan terhadap nama baik Perseroan. Berkaitan dengan hal tersebut di atas, dalam rangka pelaksanaan pedoman dan prosedur, Perseroan menganggap perlu adanya mekanisme Pelaporan Pelanggaran.

Ruang lingkup pengaduan pelanggaran ini meliputi pihak internal perusahaan mulai dari Dewan Komisaris, Direksi, dan seluruh karyawan serta pemangku kepentingan.

Mekanisme Penyampaian Pelaporan dan Pengelolaan Laporan Whistleblowing System

Perseroan telah menyediakan berbagai media untuk mengakomodir para pemangku kepentingan dalam menyampaikan laporannya jika diduga telah terjadi pelanggaran yang dilakukan oleh karyawan Perseroan dengan mekanisme sebagai berikut:

  • Menyampaikan surat resmi yang ditujukan kepada Perseroan c.q. Tim Corporate Governance dengan cara melalui Pimpinan Unit Kerja (Asisten Manajer), diantar langsung, dikirim melalui faksimili, atau melalui pos ke Perseroan.
  • Melalui email whistleblowing@phapros.co.id
  • Disampaikan ke alamat resmi:
    PT Phapros, Tbk.
    Jalan Simongan 131
    Semarang 50148, Indonesia
    Fax [62-24] 760 5133
    Wajib dilengkapi fotokopi identitas pelapor (ID card, KTP, SIM) yang masih berlaku.

 

Mekanisme Pelaporan Dan Penanganan Pelanggaran